{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Batik Nasional, sejarah batik di Indonesia ada disini

Hari Battic Nasional diperingati setiap  tanggal 2 Oktober. Batik negara itu juga termasuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada tahun 2009. Sejarah Hari Battic Nasional ditentukan ketika UNESCO diakui dalam sidang keempat Inter-Agency Committee on Intangible Cultural Heritage yang diadakan di Abu Dhabi. Di antara agenda tersebut, UNESCO telah mensertifikasi Battic, Wayan, Kelis, Noken, dan Tari Saman sebagai  warisan budaya takbenda kemanusiaan UNESCO.

Sejarah Batik Indonesia Ada Sejak Masa Majapahit

Apalagi jika berbicara tentang batik, sejarah batik di Indonesia harus ditelusuri kembali ke Kerajaan. Menurut sejarah, tie-dyeing digunakan untuk pakaian dan pakaian khas kerajaan, dan tie-dyeing hanya dikenakan  oleh keluarga kerajaan dan pegawai kerajaan, diajarkan di luar kerajaan  oleh  pegawai istana. Dalam Sejarah Batik  di Indonesia, sejarah batik di Indonesia ditulis dari zaman kerajaan Majapahit. Bukti bahwa kerajaan Majapahit mengadopsi teknik membatik untuk membuat pakaian ditemukan di wilayah bekas kerajaan Majapahit yaitu Mojokerto dan Bonorowo. terlihat pada batik peninggalan daerah Tulungagung saat ini. Di zaman modern, batik Indonesia telah populer di kalangan orang asing sejak Suharto mulai membagikan batik sebagai oleh-oleh kepada tamu negara pada pertengahan 1980-an. Presiden Suharto sendiri sering memakai tie-dye untuk menghadiri konferensi PBB. Batik secara otomatis berfokus pada pakaian yang Anda kenakan.

Motif Batik

Motif tie-dye dalam nuansa tradisional Jawa, Islam, Hindu dan Budha sudah lebih dulu dikenal. Motif batik juga mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Juga, cara membuatnya tidak hanya mudah ditulis, butuh waktu dan tenaga. Saat ini, untuk memenuhi permintaan pasar,  batik dibuat  dengan menggunakan teknologi cetak, stempel, dll. Motif batik dicap dengan alat stempel khusus dan diproduksi secara massal. Namun demikian, hanya batik tulis  dengan canting yang  paling mahal, tentunya dilihat dari  kerumitannya, batik chulis merupakan jenis kain yang menempati tingkat paling alami dalam proses produksinya.

Jenis-jenis Batik

Ada berbagai jenis batik nasional tergantung dari  daerah produksinya. Salah satunya dan yang paling unik adalah corak batik dari ketiga negara tersebut. Disebut Batik Tiga Negara karena dibuat di tiga daerah: Rasem, Solo dan Pekalongan. Dilihat dari produksi, komposisi dan keunikan ketiga daerah tersebut, maka tidak heran jika harga batik di ketiga negara tersebut merupakan yang tertinggi di antara negara-negara lain. , Batik Palanxmo, Batik Sekar Jagad Solo, Batik Tanbal Yogyakarta, Batik Rasem Lembang, Batik Singha Barong Cirebon, Batik Jangranglan, Batik Bulan Terang, dan Batik Cap Kombinasi. Menulis, batik tiga negeri pekalongan, batik sogang pekalongan dll. Oleh karena itu, kami akan membahas secara singkat tentang sejarah Hari Batik Nasional dan  jenis-jenis Batik Nasional. Saya senang jika Anda dapat menggunakannya sebagai referensi.

Post a Comment for "Hari Batik Nasional, sejarah batik di Indonesia ada disini"