{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TerkaitPengertian PPG dalam Jabatan apakah itu

www.operatormadrasahhebat.my.id 
Apa pengertian PPG? Sebagian orang yang bergerak di bidang pendidikan sebagai tenaga pengajar, pastinya sudah memahami apa itu PPG Dalam Jabatan.
Apa itu PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat untuk menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.
Mengenai Pengertian PPG dalam Jabatan Mengutip dari laman resmi https://ppg.kemdikbud.go.id/, penjelasan mengenai apa itu PPG Dalam Jabatan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi para tenaga pendidik/guru. 
PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru yang diselenggarakan agar para guru bisa menguasai kompetensi guru secara utuh. 
PPG Dalam Jabatan diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti: 
  1. Kualifikasi di bawah standar (under qualification)
  2. Guru-guru yang kurang kompeten (low competence) 

Di era revolusi industri 4.0, seseorang yang memilih untuk berprofesi sebagai guru memang seharusnya memiliki kemampuan melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dengan mengintegrasikan beberapa skill tambahan.
Skill tambahan tersebut, antara lain:
  • Critical thinking dan problem solving
  • Communication and colaborative skill
  • Creativity and inovative skill
  • Information and communication technology literacy
  • Contextual learning skill
  • Information and media literacy
Program PPG Dalam Jabatan dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran, dan penilaian, hingga uji kompetensi, sehingga diharapkan akan menghasilkan guru-guru masa depan yang profesional.
Guru dengan kemampuan yang mumpuni dipercaya dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan berkarakter, serta cinta tanah air.
Keuntungan Mengikuti PPG Dalam Jabatan bagi Guru
Seperti sudah disebutkan tadi, ada beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan oleh para guru dari PPG, antara lain:

1. Mendapatkan Kompetensi Lebih

PPG diselenggarakan untuk mempersiapkan guru-guru yang lebih kompeten di bidangnya. Dengan PPG, seorang guru dapat memiliki kompetensi sebagai pendidik.

2. Gelar Tambahan

Seorang guru jika sudah menyelesaikan pendidikan profesi guru dan lulus, pastinya akan memperoleh tambahan gelar. Jika sebelumnya menyandang gelar S.Pd., saat lulus PPG bertambah menjadi S.Pd.,Gr.

3. Mendapatkan Sertifikat Keahlian

Jika sudah menyelesaikan PPG, seorang guru juga akan mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang pendidikan profesi guru, sesuai bidangnya. 

4. Menambah Pengalaman

Saat mengikuti PPG, tentu akan ada banyak materi, praktikum hingga praktik pengalaman atau PPL yang akan dijalankan para guru peserta PPG. Hal ini pastinya nanti akan menambah pengalaman berharga bagi mereka.

Post a Comment for "TerkaitPengertian PPG dalam Jabatan apakah itu"