Skip to main content

Cara Mengisi Emis Tanggap Covid-19

Cara Mengisi Emis Tanggap Covid-19



Emis Tanggap Covid-19 ini wajib diisi oleh semua satuan pendidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Berarti mulai dari RA, MI, MTs, MA, SPM, PDF, PK-PPS, hingga PTKI, wajib untuk Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan dalam menghadapi tahun ajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi Covid-19.

Langkah-langkah dan cara pengisian Emis Tanggap Covid-19 cukup mudah. Pertama, buka laman http://emisdep.kemenag.go.id/e-tc19/ dialihkan ke laman ===> http://emispendis.kemenag.go.id/e-tc19/ 

Setelah terbuka halaman login, masukkan username (email) dan password akun Emis seperti biasa, lalu klik tombol log in.

Jika berhasil, akan terbuka halaman dasbord Emis Tanggap Covid-19 dengan empat menu utama di bagian sidebar sebelah kiri. Keempatnya adalah:
  1. Ketersediaan Sanitasi
  2. Ketersediaan Fasilitas Kesehatan
  3. Pemetaan Warga Satuan Pendidikan
  4. Kesepakatan


Klik masing-masing menu tersebut untuk melihat daftar pertanyaan (daftar periksa kesiapan). Di bawah setiap pertanyaan terdapat tombol "Ketersediaan" (Tersedia atau Tidak Tersedia), tombol "Verifikasi" (Upload Bukti), dan tombol "Tindak Lanjut (Isian). Penjelasan masing-masing tombol adalah sebagai berikut:
  1. Tombol Ketersediaan: Pilih Tersedia jika madrasah memiliki atau memenuhi syarat sesuai pertanyaan dan pilih Tidak Tersedia jika sebaliknya.
  2. Tombol Verifikasi: Jika pada tombol Ketersediaan memilih Tersedia, maka madrasah wajib mengunggah bukti pendukung yang bisa berupa foto atau scan dokumen pendukung.
  3. Tombol Tindak Lanjut: Diisi jika pada tombol Ketersediaan memilih Tidak Tersedia. Isikan uraian tindak lanjut yang akan dilakukan oleh satuan pendidikan tersebut terkait dengan ketidaktersediaan tersebut.

Ulangi hingga semua daftar periksa kesiapan pada menu tersebut terjawab semua. Jika sudah klik tombol "Simpan" di ujung bawah.

Setelah berhasil menyimpan, buka menu selanjutnya (di sebelah kiri) dan lakukan hal yang sama hingga keempat menu terisi semua.

Daftar Pertanyaan di Emis Tanggap Covid-19

Berikut ini adalah daftar pertanyaan kesiapan RA dan Madrasah dalam memasuki Tahun Ajaran baru di masa pandemi Covid-19 dalam aplikasi Emis Tanggap Covid-19

1. Menu Ketersediaan Sanitasi

Daftar ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan yang meliputi:
  • Toilet atau kamar mandi bersih
  • Sarana cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer)
  • Disinfektan

2. Menu Ketersediaan Fasilitas

Daftar ketersediaan fasilitas kesehatan yang meliputi:
  • mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lainnya
  • kesiapan menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta didik disabilitas rungu
  • Thermogun (pengukur suhu tubuh)

3. Menu Pemetaan Warga

Pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak boleh melakukan kegiatan di satuan pendidikan yang meliputi:
  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki memiliki kondisi medis comorbid (penyakit penyerta) yang tidak terkontrol
  • Data Data warga satuan pendidikan tidak memiliki akses transportasi yang memungkinkan penerapan jaga jarak
  • Data Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat perjalanan dari ZONA KUNING, ORANYE, MERAH dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari
  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari

4. Menu Kesepakatan

Kesepakatan bersama komite sekolah, yaitu:
  • Membuat kesepakatan bersama komite sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terkait kesiapan melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan;

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...