Skip to main content

Materi Lengkap Edit dan Non Aktifkan GTK Emis 4.0

Assalamu'alaikum Wr Wb 
Emis 4.0 sudah merilis fitur Guru dan Tenaga Kependidikan. Fitur ini digunakan untuk mengelola data Guru serta Tenaga Kependidikan yang aktif di lembaga. Meski belum sepenuhnya fitur Guru dan Tenaga Kependidikan ini dibuka namun sudah bisa mulai dicicil dikerjakan oleh para user champion. Ada beberapa firu Guru dan PTK yang masih dikunci yaitu seperti fitur pengaktifan Guru dan PTK, Mutasi, dan Tambah GTK. Saat ini yang sudah dibuka dan bisa dikerjakan yaitu fitur Edit Data Guru di Emis 4.0 ini.
Kali ini saya akan bagikan tutorial emis 4.0 cara edit data guru. Tutorial ini saya bagikan bagi anda yang masih kebingungan dalam pengerjaanya. Untuk user champion yang senior pastilah sudah lancar dalam mengerjakan, namun bagi yang baru bergabung bersama EMIS 4.0 pasti ada sedikit keraguan dan kebingunan dalam mengerjakanya. Langsung saja tanpa berlama-lama kita mulai Tutorial Edit Data Guru di EMIS 4.0. Sebelum memulai mengerjakan anda harus menyiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen penting milik guru yang akan di edit datanya. Berikut dokumen yang harus disiapkan :
  1. Scan Ijazah Asli SD/MI
  2. Scan Ijazah Asli SMP/MTS
  3. Scan Ijazah Asli SMA/MA
  4. Scan Ijazah Asli Diploma IV / S1
  5. Nilai Rata-Rata setiap jenjang ( Bisa dilihat di transkrip nilai ) untuk yang SD sampai dengan SMA biasanya tertera di halaman belakang ijazah. Ada juga yang terpisah. Lihat nilai rata-ratanya kemudian catat agar tidak lupa. Jika nilai rata-rata tidak ada maka anda bisa menghitungnya sendiri menggunakan kalkulator. Daftar nilai / transkrip ini tidak perlu di scan karena yang dibutuhkan hanya scan ijazah.
  6. Kartu Keluarga (bisa fotocopy)
  7. Scan Sertifikat Pendidik (Jika ada)
  8. Scan Sertifikat Pelatihan/Bimtek (Jika ada)
Semua dokumen poin 1 sampai dengan 4 dibuat dalam bentuk file pdf dengan ukuran tidak melebihi 2 MB. Selanjutnya kita mulai melakukan Edit Data Guru di Emis 4.0
Wa'alaikumsalam Wr Wb Join Telegram https://t.me/opm_madrasah

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...