Skip to main content

Cara Daftar Akun Vervalpd Kemdikbud melalui web SDM PDSPK

editor : Revisi 03 Agustus 2024
Vervalpd adalah Web milik kemdikbud yang di gunakan untuk mengvalidasi data Siswa terkait dengan NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ) agar valid sesuai data peserta didik di lingkungan pendidikan madrasah,

Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) adalah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia untuk memastikan keakuratan data peserta didik. Berikut beberapa fungsi utama dari Verval PD:

  1. Pengajuan NISN: Mengajukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi siswa yang belum memilikinya.
  2. Pencarian dan Penyocokan NISN: Membantu mencari dan menyocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISN-nya.
  3. Perbaikan Data: Memungkinkan perbaikan data individu siswa, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu.
  4. Verifikasi Data: Memverifikasi data antara Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) untuk memastikan keakuratan data.
Aplikasi ini sangat penting untuk memastikan data peserta didik yang tercatat dalam sistem pendidikan nasional adalah akurat dan up-to-date

Siapa saja yang akses Vervalpd

Semua lembaga baik jajaran Diknas Maupun Kemenag baik jenjang PaudQ, PPs, RA, MI, MTs dan MA wajib memiliki akun SDM PDSPK untuk mengakses Vervalpd.

Tujuan Aplikasi Vervalpd

Aplikasi Vervalpd ini di rancang untuk lembaga pendidikan untuk penerbitan NISN dan mengvalidkan data Siswa berbasis Nasional.
jadi sesuai dengan namanya VerValPd ( Verifikasi Validasi Peserta Didik ), dan fungsi dari pada NISN adalah Atribut siswa secara nasional untuk mendaftr ke jenjang selanjutnya lebih khusus di lembaga MTs/SMP atau MA/SMA/SMK yang Wajib memiliki NISN ketika ingin mendaftar.

ujuan utama dari aplikasi Verval PD (Verifikasi dan Validasi Peserta Didik) adalah untuk memastikan keakuratan dan validitas data peserta didik di seluruh Indonesia. Berikut adalah beberapa tujuan spesifik dari aplikasi ini :

  1. Mengajukan NISN: Memfasilitasi pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi siswa yang belum memilikinya.
  2. Mencari dan Menyocokkan NISN: Membantu mencari dan menyocokkan NISN bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISN-nya.
  3. Perbaikan Data: Memungkinkan perbaikan data individu siswa, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu.
  4. Verifikasi Data: Memverifikasi data antara Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) untuk memastikan keakuratan data.
  5. Pemantauan Data: Memantau data peserta didik yang sudah memiliki NISN maupun data yang masih invalid di setiap sekolah.


Gambar 1

Langkah langkah yang harus di lakukan operator adalah 

  1. Silahkan kunjungi web SDM PDSPK di sini https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih regestrasi ===> Satuan Pendidikan maka akan tampil seperti gambar dibawah ini
    Gambar 2

  3. Selanjutnya input data regestrasi dengan lengkap dan benar di form Pendaftaran Anggota Satuan Pendidikan 
    Gambar 3
    Baca Juga Cara Mendapatkan Kode Regestrasi dalam pendaftaran akun SDM Satuan Pendidikan VervalPd
  4. Setelah langkah ini selesai temen2 bisa cek aktifasi pendaftaran di link berikut ini 
  5. CEK STATUS PENDAFTARAN SDM PDSPK Klik disini
Baca Juga : 

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...