Skip to main content

Google Workspace for Education dan fungsinya

www.operatormadrasahhebat.my.id
Google Workspace, sebelumnya dikenal sebagai G Suite, adalah kumpulan alat komputasi awan, produktivitas dan kolaborasi, perangkat lunak, dan produk yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Google.
Apa Itu Google Workspace for Education? 
Untuk Anda yang belum tahu, sebenarnya Google Workspace for Education adalah transformasi dari G Suite for Education. Tentu, kalau membicarakan, G Suite, Anda semua tahu bahwa tools yang satu ini adalah alat yang diberikan Google untuk memperlancar bagaimana berbagai pekerjaan dan kolaborasi menjadi lebih mudah. 

Untuk merefresh ingatan, Google Suite adalah sebuah tools yang dimiliki oleh Google, yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh organisasi dan perusahaan. Ya, dan tak hanya untuk perusahaan saja, Google juga menyediakan layanan ini untuk dunia pendidikan. Jika dulu dikenal dengan sebutan G Suite for Education, aplikasi tersebut kini berubah nama menjadi Google Workspace for Education. 

Pengertian Google Workspace for Education adalah sebuah produk dari Google, berupa seperangkat tools produktivitas dan kolaborasi dengan menggunakan sistem Google Cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan. Tujuan Google menciptakan tools ini, tak lain untuk memudahkan kerja-kerja para pelaku dunia pendidikan. Mulai dari guru, staf, dan juga para siswa, agar menciptakan sistem belajar mengajar yang lebih baik. 

Google sendiri telah mengumumkan bahwa mereka tetap mengganti nama layanan G Suite for Education menjadi Google Workspace for Education. 

Penggantian ini menyusul perubahan layanan G Suite menjadi Google Workspace sejak bulan Oktober 2020. Maka dari itu, perubahan ini juga berlaku pada sejumlah layanan yang sebelumnya berada di bawah naungan G Suite for Education. 
Layanan Google Workspace for Education 
Untuk menyukseskan kegiatan pembelajaran, Google menyematkan banyak fitur pada Workspace for Education. Berikut ini adalah deretan fitur-fitur yang ada di Google Workspace for Education:

1. Google Classroom

Layanan paling fundamental, atau yang paling dasar dari Google Workspace for Education adalah Google Classroom. Perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan para guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas. Mulai dari membuat kelas, mengirimkan tugas, dan juga tanya jawab. Dan yang paling penting dari semuanya adalah, semuanya dapat dilakukan pada satu tempat, instant, cepat, dan tanpa menggunakan selembar kertas.

2. Gmail

Dengan menggunakan tools pendidikan Google, Anda juga akan mendapatkan fasilitas email dari Google, dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 100 GB untuk sekolah. Tak hanya kapasitas penyimpanan super besar, pengguna juga mendapatkan perlindungan data yang keamanannya dapat diandalkan. 

Dan satu hal yang paling menarik adalah, nama email Anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan Anda. Kalau menggunakan Gmail yang versi gratis, format alamat emailnya adalah namakamu@gmail.com, dengan menggunakan Google Workspace, formatnya akan lain. Format nama email Anda nantinya berubah menjadi namakamu@sekolahanda.com. Terlihat sangat profesional dan meyakinkan, bukan?

3. Google Drive
Tak hanya Classroom dan Gmail, Google juga memberikan layanan penyimpanan awan Google Drive untuk pengguna Workspace for Education. Dengan Google Drive, pengguna dapat memiliki tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan Anda. Maka, laptop dan komputer Anda tidak akan kehabisan memori karena banyaknya data yang harus dimuat. Dengan Google Drive, semua data Anda akan disimpan pada penyimpanan milik Google. Dan keamanannya pun terjaga dan terjamin oleh Google.

4. Kalender

Dalam Google Workspace for Education, ada Kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukkan tanggal, bulan, dan tahun. Ada banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan Anda. Mulai dari mengatur jadwal meeting Anda, juga dapat mengundang peserta meeting. Dengan demikian, semua pihak yang diundang akan menerima email undangan, sehingga Anda tidak perlu lagi menghubungi satu per satu. 

5. Meet 

Sejak pandemi, siapa yang tidak kenal dengan Google Meet. Nyaris semua orang kini banyak yang familiar dengan aplikasi yang satu ini. Google Meet adalah fasilitas dari Google Workspace for Education yang dapat digunakan untuk banyak kebutuhan. Mulai dari melakukan chat, video call atau video call secara grup. Sehingga, ketika misalnya Anda sebagai guru sedang berada di luar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Google Meet, maka meeting sudah bisa dilakukan. 

4. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Yang membedakan Google Office dengan produk yang selama ini Anda gunakan adalah, Google Office dapat dilakukan untuk kerja-kerja kolaborasi. Maksudnya, misalnya ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup dibuat satu file baru, lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan. Jadi, semua anggota kelompok dapat langsung mengerjakan tugas tersebut. 

7. Google Site 

Google Site merupakan salah satu fasilitas dari Google Workspace for Education, yang dapat digunakan untuk membuat website sekolah Anda. Anda bisa mengatur segala hal yang ada di dalamnya. Mulai dari isi konten, menu, dan desainnya, sesuai dengan keinginan Anda. 

Manfaat Google Workspace for Education


1. Kolaborasi Data 

Manfaat dari tools pendidikan Google yang paling utama, tentu saja adalah kolaborasi. Dengan menonjolkan kolaborasi, Anda bisa dengan mudah ketika membuat, mengubah, dan berbagi data secara real time. Semua orang dapat membuka satu laman yang sama. Dan jika nantinya terjadi perubahan, maka perubahanya secara otomatis di cloud. Dan setiap perubahan yang terjadi dapat di-track historinya.

2. Mobile Friendly

Segala fitur yang ada di layanan pendidikan Google dapat digunakan di perangkat apa saja. Ya, Anda bisa membukanya dari laptop, tablet, sampai dengan smartphone dengan mudah. Karena layanan ini telah disetting mobile friendly. 

3. Tersedia Berbagai Macam Pilihan Paket 

Terdapat tiga paket berlangganan. Mula dari yang gratis dalam Google Workspace for Education Fundamentals, sampai paket Edication Standard dan Education Plus untuk yang berbayar. 

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...