{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen pengembangan mutu sekolah/madrasah

www.operatormadrasahhebat.my.id
Awalnya ditemukan di industri, kontrol kualitas sudah mulai meresap ke dalam dunia pendidikan saat ini. Dalam perkembangan selanjutnya, pengendalian mutu terpadu dalam dunia pendidikan mulai diterapkan oleh berbagai lembaga pendidikan. Hasil ini juga menggembirakan. Dengan kata lain, lembaga yang menerapkan manajemen mutu terpadu cenderung melakukan diferensiasi dalam perlombaan peningkatan mutu pendidikan melalui kepuasan pelanggan. Namun penerapan manajemen mutu terpadu dalam dunia pendidikan tidak seluas di masyarakat seperti di industri, dan masyarakat umum belum banyak mengetahui tentang manajemen mutu terpadu dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, keberadaan buku ini diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan bagi seluruh masyarakat dan pemerhati pendidikan tentang penerapan manajemen mutu dalam pendidikan dan salah satunya yang mengadopsi mangemen adalah MADRASAH.

Difinisi Manajamen

Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.
Manajemen adalah suatu proses bekerja sama dengan dan melalui lainnya untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan secara efisien menggunakan sumber daya yang terbatas di lingkungan yang berubah-ubah (Kreitner).

Fungsi Manajemen

Pada dasarnya, fungsi manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Perencanaan (planning)
Pernecanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan. begitu juga dengan madrasah tanpa adanya perncanaan yang matang baik dari pembelajaran, aksi PPDB maupun Pembangunan madrasah maka tidak pernah tercapai  tujuan madrasah tersebut.
Jadi kesimpulannya perencanaan adalah tahap awal dalam mencapai sebuah tujuan

2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

3. Pengarahan (directing)
Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

MUTU MADRASAH

kata mutu bisa juga di artikan sebagi kwalitas. Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Istilah ini banyak digunakan dalam dalam bisnis, rekayasa, dan manufaktur dalam kaitannya dengan teknik dan konsep untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, seperti Six Sigma, TQM, Kaizen, dan juga madrasah atau sekolah dan lain-lain. 
menurut ahli kata mutu ada beberapa pengertian 
Menurut Para Ahli "Edward Deming " mutu adalah memecahkan suatu masalah untuk mencapai kesempurnaan secara terus menerus,.berbeda dengan "Joseph"  mengartikan mutu sebuah kecocokan suatu produk dengan kebutuhan dan kepuasan pelanggan. sedangkan Menurut "Crosby" mutu adalah kesesuaian produk maupun jasa dengan keinginan konsumen. dan terakhir menurut Render, mutu adalah totalitas barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
dengan demikian disimpulkan bahwa "MUTU" memiliki banyak arti namu tujuan sama untuk memuaskan pelanggan secara terus menerus dengan kualitas yang memuaskannya.

Post a Comment for "Manajemen pengembangan mutu sekolah/madrasah"