Skip to main content

Madrasah Adalah ???

www.operatormadrasahhebat.my.id-Secara etimologi, kata “madrasah” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan sekolah ataupun akademi yang umumnya bersumber pada Agama Islam. Sebaliknya di dalam Ensiklopedi Islam di Indonesia, kata madrasah merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, dari kata dasar “darasa” yang maksudnya “belajar”. Madrasah berarti tempat buat belajar. Kata darasa dengan penafsiran “membaca serta belajar”, yang ialah pangkal kata madrasah itu sendiri, berasal dari Bahasa Hebrew ataupun Aramy.

Apa Itu Madrasah?

Madrasah pula berarti Aliran ataupun Madzhab. Secara harfiah kata “madrasah” berarti ataupun setara maknanya dengan kata Indonesia “sekolah” (yang notabene pula bukan kata asli bahasa Indonesia). Pada biasanya konsumsi kata madrasah dalam makna sekolah, memiliki konotasi spesial, ialah sekolah- sekolah Agama Islam. Madrasah memiliki makna tempat ataupun wahana dimana anak didik mengenyam pendidikan, dengan iktikad di madrasah seperti itu anak menempuh proses belajar secara terencana, terpimpin, terkontrol.

Bila dikaji dari penafsiran bahasa, sebutan madrasah ialah isim makan (nama tempat), berasal dari kata darasa, yang bermakna tempat orang belajar. Dari pangkal arti tersebut setelah itu berkembang menjadi sebutan yang kita pahami bagaikan tempat pembelajaran, spesialnya yang bernuansa Islam.

Sebaliknya secara epistemologi, madrasah merupakan salah satu tipe lembaga pembelajaran Islam yang tumbuh di Indonesia yang diusahakan di samping masjid serta pesantren. 6 Lebih lanjut, dalam konteks Indonesia, lembaga pembelajaran ini ialah lembaga madrasah timur tengah masa modern sebab pengaruh pembelajaran barat yang diisi secara dominan dengan kurikulum keagamaan. Walaupun demikian, sebab pengaruh pengaruh politik penjajh, sekolah serta madrasah ditatap bagaikan 2 wujud lembaga pembelajaran yang berbeda secara dikhotomis: sekolah bertabiat sekuler serta madrasah bertabiat Islam.

Secara teknis, dalam proses belajar- mengajar secara resmi di Indonesia, madrasah tidak cuma dimengerti sepintas bagaikan sekolah. Melainkan diberi konotasi yang lebih khusus lagi, ialah” Sekolah Agama”, tempat di mana kanak- kanak didik mendapatkan pendidikan hal- ihwal ataupun seluk- beluk agama serta keagamaan( Agama Islam).

Pengembangan Madrasah

Bagaikan suatu institusi pembelajaran, madrasah ialah institusi yang berkembang serta tumbuh oleh serta dari warga, dan buat warga yang penuh dengan arti budaya Islami, diakui ataupun tidak madrasah sudah mengarungi ekspedisi peradaban yang panjang dalam mewujudkan pembuatan karakter bangsa yang penuh dengan perubahan- perubahan, tetapi madrasah enggan membebaskan diri dari arti asalnya yang cocok dengan jalinan budayanya, ialah budaya Islam.

Pengembangan madrasah erat kaitannya dengan pengembangan kemampuan karakter manusia. Abdul Rachman Shaleh menarangkan, dalam ”Madrasah Serta Pembelajaran Anak Bangsa, Visi, Misi serta Aksi”, kalau pengembangan karakter manusia meliputi :

  1. Pengembangan iman, yang diaktualisasikan dalam ketakwaan kepada Allah Swt. sehingga menciptakan kesucian.
  2. Pengembangan cipta, buat penuhi kebutuhan hidup materiil serta kecerdasan, membongkar masalah- masalah yang dialami. Perihal ini menciptakan kebenaran.
  3. Pengembangan karsa, buat memiliki perilaku serta tingkah laku yang baik (etika, akhlak serta moral). Pengembangan ini menciptakan kebaikan.
  4. Pengembangan rasa, buat berperasaan halus (apresiasi seni, anggapan seni, kreasi seni). Perihal tersebut menciptakan keelokan.
  5. Pengembangan karya, buat menjadikan manusia terampil serta cakap teknologi yang berdayaguna sehingga menciptakan khasiat.
  6. Pengembangan hati nurani diaktualkan manjadi budi nurani yang berperan membagikan pertimbangan( iman, cipta, karsa, rasa, karya) sehingga menciptakan kebijaksanaan.

Sehingga dalam penafsiran pengembangannya, pengembangan madrasah bisa artikan bagaikan usaha dalam mewujudkan visi serta misi buat menjadikan madrasah yang Islami, populis serta bermutu. Dimaksudkan bagaikan proses ataupun metode menjadikan madrasah besar, mekar serta mengembang, dalam makna meningkat banyak serta terus menjadi sempurna dalam mencerdaskan, melenyapkan ketidaktahuan, melenyapkan kebodohan serta melatih keahlian partisipan didik (Siswa) buat mempersiapkan dirinya mengalami tantangan masa depan dengan kompetensi Sumber Energi Manusia (SDM) yang tangguh berbentuk: kesucian iman, kebenaran cipta, kebaikan karsa, khasiat karya, serta kebijak sanaan hati nurani.

Madrasah dituntut supaya senantiasa berproses buat jadi besar, mekar serta tumbuh, tersebar luas serta meningkat banyak, dan terus menjadi sempurna dengan tujuan dasar buat mencerdaskan, melenyapkan ketidaktahuan, melenyapkan kebodohan dan membekali anak didik dengan kompetensi di atas buat mengalami tantangan era yang penuh dengan perubahan- perubahan di bermacam zona kehidupan, tercantum pula merupakan Globalisasi, dengan tidak meninggalkan dasar Agama Islam ialah al- Quran serta Sunnah.

Dalam pengembangannya, madrasah pasti tidak dapat melupakan hal- hal yang mendasar bagaikan suatu lembaga yang mengelola manusia bagaikan peninggalan Agama serta Bangsa dalam mengalami masa Globalisasi. Kebutuhan- kebutuhan yang sangat pokok serta mendasar terhadap madrasah merupakan sebagaimana ada pada visi madrasah, ialah “Islami, Populis, Bermutu, serta Bermacam- macam”.

Oleh sebab itu, format madrasah dari waktu ke waktu sudah hadapi pertumbuhan sampai terus menjadi jelas sosoknya, dari madrasah yang berawal dari faktor tradisional, swasta, sampai jadi negara, serta dari tingkatan rendah (Raudlatul Athfal, Bustanul Athfal, serta Madrasah Ibtidaiyah), sampai madrasah tingkatan lanjutan (Madrasah Tsanawiyah bagaikan lanjutan tingkatan awal serta Madrasah Aliyah bagaikan lanjutan tingkatan atas).

Populis ialah cerminan kalau madrasah itu lahir serta dibesarkan oleh serta buat warga. Visi ketiga Bermutu; maksudnya berorientasi pada kualitas. Perihal ini ialah tantangan masa depan yang sangat nyata, sebab penghargaan warga terhadap suatu lembaga pembelajaran sangat didetetapkan oleh tingkatan mutu pendidikannya.

Mutu pembelajaran itu tercermin dalam 2 tataran: proses pembelajaran serta hasil pembelajaran. Proses pembelajaran menggambarkan atmosfer pendidikan yang aktif serta dinamis dan tidak berubah- ubah dengan program serta sasaran pendidikan. Sebaliknya hasil pembelajaran menunjuk pada mutu lulusan dalam bidang kognitif, afektif, serta psikomotorik. Bila kandas dalam mewujudkan visi ini, madrasah hendak tertinggal dari lembaga- lembaga pembelajaran lain. Bermutu dicerminkan pada aktivitas serta nilai akademik yang diperoleh madrasah tersebut. Baik yang bisa serta dilihat dari hasil belajar siswa berbentuk nilai pada ulangan, peningkatan kelas, tes akhir, ataupun tes masuk akademi besar( UMPTN).
Join Telegram https://t.me/opm_madrasah

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...

Input Data Kepegawaian Guru Pada EMIS Madrasah

Update 21/11/2024 gambar 1 artikel kali membahas berkenaan dengan SK ( surat keputusan ) yang di update dan di input pada lama emis gtk madrasah. dalam gambar 1 ada tampilan TMT guru, TMT Guru ini bisa didapatkan dari lembaga sebelumnya artinya bila GTK sudah memiliki riwayat mengajar sebelumnya maka SK TMT guru ini bisa didaptkan dari lembaga sebelumnya, dan itu yang dimasukkan dalam menu Update TMT guru, namun yang perlu digaris bawahi adalah TMT guru diakui setelah ybs menyelesaikan pendidikan S1. selanjutnya adalah perjanjian kerja,  perlu diketahui dalam menu pegawaian lebih tepatnya pada perjanjian kerja ada 2 status yang dapat di filter yang menampilkan katagori sebagai berikut seperti pada gambar 1 diatas :  Status penugasan  Perjanjian kerja kami jelaskan jelaskan secara singkat demikian  :  Status Penugasan status penugas ini yang menginput operator madrasah melalui akun operator, dalam hal ini SK dalam konteks status penugasan meliputi  SK guru /...