Skip to main content

Pemberitahuan Akses Aplikasi eRKAM V.2


Sesuai dengan rencana kerja Komponen 1 Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR), Dilakukan Penerapan eRKAM V.2 Riil secara bertahap bagi MA, MTS dan MI dengan jadwal buka akses mulai tanggal berikut: 
  1. Madrasah Aliyah 14 April 2023 
  2. Madrasah Tsanawiyah 4 Mei 2023 
  3. Madrasah Ibtidaiyah 11 Mei 2023 
eRKAM V.2 dapat diakses melalui https://erkam.kemenag.go.id/ oleh: 
  1. Madrasah yang telah mengikuti Bimtek dan Pendampingan EDM – eRKAM 2020 dan 2021 
  2. Admin EDM eRKAM Provinsi 
  3. Admin EDM eRKAM kabupaten/kota Madrasah sesuai kriteria di atas wajib menginput EDM 2022 dan erkam 2023 untuk Dana BOS baik negeri maupun swasta, 
Penjelasan tentang pengisian erkam v2 akan disampaikan secara live streaming melalui yotube Madrasah Reform, pada : 

Hari/ Tgl : Kamis, 13 April 2023 
Waktu : 13.00 – 15.00 WIB 
Link Youtube : Bit.ly/Live-ERKAMV2 

Informasi lebih lanjut silakan hubungi Live Agent Madrasah Digital Care – 0811.1968.6999

LANGKAH PENGISIAN eRKAM V.2 

1. Rencana 

a) Admin kabupaten/kota membuka jadwal pengisian rencana pagu definitif 
b) Kamad mengisi rencana pendapatan dan belanja (sub kegiatan) definitif 
c) Staf/Bendahara mengisi komponen biaya atas setiap sub kegiatan yang telah diisi oleh kamad 
d) Kamad melakukan review dan menyetujui komponen biaya yang diinput oleh staf/bendahara 

2. Realisasi 

a) Staf/Bendahara membuat nota realisasi dan upload dokumen pendukung transaksi 
b) Kamad menyetujui nota realisasi yang diinput oleh staf 
c) Staf/Bendahara membuat tanggal realisasi 

Catatan Penting: 

  1. Pastikan NSM yang ada pada halaman profil sama dengan NSM yang tercatat di EMIS. Apabila terdapat perbedaan maka lakukan update data NSM melalui fitur Edit Profil di ERKAM 
  2. Dana BOS yang harus diinput adalah tahap 1 dan tahap 2 bagi madrasah swasta atau satu tahun anggaran bagi negeri 
  3. Untuk Dana BOS, Sub Kegiatan yang harus di prioritaskan adalah sub kegiatan 3.2.1. Kegiatan Belajar Mengajar dan 8.2.1. Operasional Madrasah. 
  4. Madrasah harus menginput transaksi realisasi setiap bulan, paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya dan tidak menumpuk input transaksi realisasi di akhir semester. 
  5. Setiap transaksi realisasi harus mengunggah bukti pendukung (SPJ) terkait transaksi realisasi tersebut
Surat edaran bisa di unduh disini

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...