{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Akreditasi dan Pentingnya dalam sebuah lembaga pendidikan

Assalamu'alaikum Wr Wb 

Penjelasan Akreditasi dan Pentingnya dalam sebuah lembaga pendidikan

Apakah yang dimaksud dengan akreditasi?

Akreditasi adalah kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan standar nasional perguruan tinggi, yang meliputi standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat, dan dalam penilaian ini madrasah atau sekolah bisa mempersiapkan diri, karena nantinya akan ada Tim penilai yang disebut dengan asesor akreditasi.

Dikuti dalam lama resmi akreditasi yaitu Ban-SM, Asesor adalah tenaga profesional yang telah memenuhi syarat tertentu untuk diangkat dan ditugaskan oleh Dewan Eksekutif (DE) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan asesmen kecukupan dan/atau asesmen lapangan (Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2017).

dan dalam hal ini nantinya asesor akan melakukan Visitasi ke sekolah atau madrasah yang mengajukan akreditasi sekolah/madrasah.

Visitasi itu sendiri adalah kegiatan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen akreditasi, instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung (IPDIP), mengacu pada petunjuk teknis pengisian instrumen akreditasi serta observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan kondisi lingkungan sekolah/madrasah

Akreditasi bukan hanya sekadar pemberian label atau sertifikat, tetapi juga merupakan suatu proses evaluasi yang komprehensif terhadap lembaga pendidikan. Akreditasi membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan lembaga tersebut, serta memberikan panduan untuk perbaikan yang berkelanjutan.
Wa'alaikumsalam Wr Wb 

Post a Comment for "Penjelasan Akreditasi dan Pentingnya dalam sebuah lembaga pendidikan"