Skip to main content

Troubleshooting AFE Versi 1.0

A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE
============================================== 

1. Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota) 
2. Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi 
3. Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal 
4. Jalankan File emis.exe 
5. Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online) 
6. Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras) 
7. Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline. 
8. Sinkronisasi Data 
9. Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor 
10. Konfirmasi Data (Jika sudah Sync Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras. Semua lingkaran Progres Hijau) Pastikan data sudah lengkap dan Valid)
11. Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP)
12. Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan) 
13. Selesai


B. Troubleshooting AFE Versi 1.0
================================ 
1. Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi 
2. Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali emis.exe
3. Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke aplikasi. 
4. Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali.


C. Catatan:
==================
- Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus dan tambah data, tetapi melalui Feeder Monitoring
- Monitoring  hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring 

Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring:
====================================== 
1. Cek hasil Sync dari AFE
2. Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE) 
3. Tambah Data Guru, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Guru AFE) 
4. Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE)  
5. Mutasi Siswa (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)
6. Konfirmasi Data, Jika Data sudah lengkap dan sudah Valid.
7. Cetak BAP 
8. Upload BAP (Lakukan Upload BAP sebagai tanda selesainya pendataan)

alamat Feeder Monitoring
http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/

=========================================
Jika ada yang kurang jelas, atau ingin memberi saran dan masukan, silakan kirim email ke:
emisdashboard@gmail.com

(update:15.02.2020)

Comments

  1. ini untuk RA bisa masuk dak ya ? mksh

    ReplyDelete
  2. AFE singkron berulang ulang, tapi gak bisa masuk ke FM. Padahal di AFE sudah sukses singkronnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...

Input Data Kepegawaian Guru Pada EMIS Madrasah

Update 21/11/2024 gambar 1 artikel kali membahas berkenaan dengan SK ( surat keputusan ) yang di update dan di input pada lama emis gtk madrasah. dalam gambar 1 ada tampilan TMT guru, TMT Guru ini bisa didapatkan dari lembaga sebelumnya artinya bila GTK sudah memiliki riwayat mengajar sebelumnya maka SK TMT guru ini bisa didaptkan dari lembaga sebelumnya, dan itu yang dimasukkan dalam menu Update TMT guru, namun yang perlu digaris bawahi adalah TMT guru diakui setelah ybs menyelesaikan pendidikan S1. selanjutnya adalah perjanjian kerja,  perlu diketahui dalam menu pegawaian lebih tepatnya pada perjanjian kerja ada 2 status yang dapat di filter yang menampilkan katagori sebagai berikut seperti pada gambar 1 diatas :  Status penugasan  Perjanjian kerja kami jelaskan jelaskan secara singkat demikian  :  Status Penugasan status penugas ini yang menginput operator madrasah melalui akun operator, dalam hal ini SK dalam konteks status penugasan meliputi  SK guru /...