Skip to main content

2 Cara Mengubah Power Point Menjadi Video dengan Suara

Gambar 323. Cara Mengubah Power Point
Menjadi Video dengan Suara

Bagaimana Cara Mengubah Powerpoint Menjadi Video?

Mendengar kata Microsoft saja pastinya kita sudah tak asing lagi, apalagi dengan program salah satunya yakni Microsoft Powerpoint. Microsoft Powerpoint merupakan program aplikasi yang dapat membatu mengerjakan slide persentasi kita. 

Dengan menggunakan Powerpoint dapat memperindah menyesuaikan pekerajaan untuk tampilan slide dalam persentasi. Sudah banyak orang mengandalkan aplikasi ini dalam persentasinya. Tidak hanya berupa teks saja yang dapat ditampilkan melainkan bisa juga berupa gambar, animasi, video, audio.

Menyajikan persentasi dengan adanya tampilan gambar, video, ataupun audio dapat lebih memahamkan isi dari pejelasan kita. Sehingga para audiens lebih mudah dalam memahaminya. Dengan tampilan slide yang dapat dijalankan sesuai keinginan kita atau dapat diatur perpindahan slide sesuai waktu. 

Maka dari itu Powerpoint ini dapat disajikan berupa bentuk video, yang dimana perpindahan slide ke slide selanjutnya sudah diatur dengan waktu.Bagi kalian yang sedang mencari cara agar persentasi dari Powerpoint kalian dapat berupa video, tentu caranya sangat mudah. 

Ditambah dengan suara juga bisa, yakni dengan memberikan input suara ke setiap slide yang dibutuhkan. Mungkin buat para pengajar atau guru dapat melakukannya untuk mengajar dengan memberi materi powerpoint berupa video yang bersuara.

Cara mengubah ppt menjadi video dengan suara dapat dilakukan dari Microsoft Powerpoint kalian sendiri, tidak memerlukan tambahan lainnya.

Dengan demikian persentasi kalian akan tampil seperti halnya video berjalan. Anda dapat menggunakan Microsoft Powerpoint 2007 dan versi keatasnya untuk mengubah ppt menjadi video. Bisa juga menggunakan cara lain dengan covert ppt menjadi video melalui online. Baiklah, langsung ke langkah-langkah membuat ppt menjadi video sebagai berikut:

Cara Mengubah PPT Menjadi Video dengan Suara

  1. Buka file ppt yang ingin ditambahkan suara. Menambahkan suara ini dapat berupa file atau input suara dengan rekam manual setiap slidenya.
  2. Jika sudah, klik menu “Insert” cari bagian “Media” >“Audio” kemudian klik.


Keterangan: 

  • Online audio: untuk mencari bahan audio dengan cara online.
  • Audio on My PC: untuk mengisi audio dengan cara mencari file yang ada di laptop atau komputer.
  • Record audio: untuk record audio atau rekam manual di laptop atau komputer.

Jika ingin memasukan suara Anda sendiri yang sebelumnya sudah di record, maka dapat menggunakan pilihan Audio on My PC.Sedangkan jika baru ingin memulai record suara pada slide video, dapat memilih Record audio. Adapun yang Online Audio Anda dapat mencari bahan audio secara online untuk persentasi Anda.


Dua Cara Mengubah PPT Menjadi Video 

Cara yang pertama mengubah ppt menjadi video dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, dapat dilakukan dengan ke menu file kemudian export, setelah itu pilih creat video lalu sesuai ukurannya. cara yang kedua bisa juga dengan menggunakan online membuat ppt menjadi video, untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

Cara Pertama:

Cara Mengubah PPT Menjadi Video Menggunakan Microsoft Powerpoint

Buka file PPT Anda kemudian pergi ke Menu “File” yang berada di pojok kiri atas. Disini saya menggunakan Microsoft Powerpoint 2013.

Pilih menu “Export”, lalu pilih “Creat a Video”




Selanjutnya tampil menu mengatur resolusi video dan timing. Dimenu ini Anda dapat mengatur resolusi dan timing perpindahan slide sesuai keingingan Anda. Misal saya disini memilih “Portable Devices” lalu timing 5 detik. Jika sudah mengaturnya, tinggal pilih Create Video.



Kemudian akan muncul tampilan penyimpanan format file video.
Setelah itu klik Save. Tunggu Powerpoint memulai proses persentasi video sampai selesai.


Cara kedua: 

Cara Mengubah PPT Menjadi Video dengan Online

Cara online ini sebelumnya file PPT Anda sudah jadi terlebih dahulu dan pastikan tersambung jaringan. Setelah itu tinggal exsport ke situs website tersebut. Langkah ini sebenarnya dapat dilakukan tidak hanya di laptop atau komputer melainkan dapat di smartphone. 

Bagi yang mencari cara mengubah PPT menjadi video di hp Android bisa menggunakan cara ini. Langsung saja ke tutorial cara membuat ppt menjadi video dengan online.

    • Buka browser, setelah itu ketikan dengan kata kunci “Convert PPT to Video” nanti akan muncul beberapa situs untuk convert ppt ke video.
    • Atau dapat langsung ke situs mp3care.com, disini saya menggunakan situs ini.
    • Langkah pertama, cari tulisan Powerpoint to Video scroll kebawah.
    • Kemudian pilih file yang akan dijaikan video.
    • Jika sudah akan muncul seperti dibawah ini.
    • Atur timing waktunya dan setelah itu convert to video.
    • Tunggu hingga selesai prosesnya.

Mengubah ppt menjadi video sangat mudahkan, persentasi ppt Anda kini sudah berupa video. Untuk diperhatikan lagi sebelum Anda mengubah persentasi ppt Anda menjadi video seperti gambar, animasi, audio, efek, timing dan sebagainya akan terlihat pada video yang dihasilkan. Maka dari itu perlu diteliti kembali sebelum ppt berbentuk video.

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel cara mengubah Powerpoint menjadi video dapat disimpulkan bahwa dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu; cara pertama, menggunakan powerpoint yang syaratnya minimal versi 2007 ke atas. Sedangkan cara yang ke dua, dengan cara export file ppt menjadi video dengan online. 

Penutup

Demikian artikel tentang cara mengubah Powerpoint menjadi video. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua dan jangan lupa selalu mengunjungi Selowtekno jika tidak ingin ketinggalan info teknologi, tutorial, tips dan trik lainnya dapat mengikuti dengan klik menu ikuti pada pojok kanan atas. 

Selamat mencoba dan berhasil. Terimakasih.

Sumber :

https://www.selowtekno.com/2021/02/2-Cara-Mengubah-Power-Point-Menjadi-Video-dengan-Suara.html

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...