Skip to main content

Verifikasi dan Validasi NISN Peserta Didik Lulusan SMA/SMK/MA/Ulya

Opm Madrasah Kab Grobogan 

NISN atau kode yang terdiri dari sejumlah 10 angka unik dan menjadi identitas siswa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud yang tujuannya adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah di Indonesia. 
Cara Verval NISN Lulusan SD, SMP, SMA, SMK Untuk melakukan Verval NISN bagi siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK dapat mengikuti panduannya dibawah ini: 
  1. Kunjungi https://pd.data.kemdikbud.go.id 
  2. Isikan secara lengkap Formulir Identitas lulusan pada kolom yang telah disediakan seperti NISN (Tuliskan jika memiliki NISN) 
  3. Masukan NIK, Nama, Email, Tempat lahir, Tanggal lahir, Jenis kelamin dan Nama Ibu Kandung dengan Lengkap. (wajib diisi) 
  4. Setelah Formulir Identitas telah terisi seluruhnya, langkah berikutnya lengkapi juga formulir Profil Lulusan dengan cara memilih Tahun Ajaran Lulus, Kemudian isikan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) atau Nama Sekolah pada kolom Sekolah Lulusan dan unggah file Ijazah SMA/SMK/MA yang sudah disimpan sebelumnya di komputer dengan format PDF, JPG, JPEG, PNG dengan maksimal ukuran file 2 MB 5. 
  5. Setelah seluruh formulir isian telah selesai diisi dengan lengkap, langkah terakhir klik tombol Ajukan yang berada di bawah
Jika sudah melengkapi seluruh isian pada kolom formulir dan mengajukan kelengkapan data tersebut, maka anda akan diarahkan pada halaman status pengajuan yang seperti terlihat pada gambar diatas. Jika pengajuan berhasil maka akan ditandai dengan keterangan "BERHASIL" dan mengenai informasi pengajuan tersebut akan dikirim melalui alamat email yang sudah dimasukan pada saat pengisian identitas.

Langkah berikutnya yaitu untuk melihat Status Pengajuan apakah sudah disetujui atau belum atau masih dalam peninjauan, anda dapat mengisikan alamat email pada kolom Status Pengajuan kemudian klik Status Menunggu Persetujuan. 


Biasanya Status Pengajuan sudah disetujui atau belum atau bahkan mungkin masih dalam proses menunggu persetujuan tersebut memakan waktu yang relatif cepat atau bahkan bisa mencapai beberapa hari tergantung kebenaran data yang dikirim. 

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...