Manusia Merdeka Menurut Ki Hadjar Dewantara Versi Opm


Manusia Merdeka Menurut Ki Hadjar Dewantara

1. Pendahuluan

Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, menempatkan konsep kemerdekaan sebagai inti dari tujuan pendidikan. Menurut beliau, pendidikan tidak hanya mempersiapkan seseorang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menuntun mereka agar tumbuh menjadi manusia merdeka. Istilah ini mengandung makna yang mendalam, baik secara lahir maupun batin.

2. Pengertian Manusia Merdeka

Dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara, manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya lahir dan batin tidak tergantung kepada orang lain. Ia mampu berdiri di atas kekuatan sendiri, memiliki kebebasan untuk menentukan arah hidup, namun tetap memikul tanggung jawab atas keputusan dan tindakannya.

Kemerdekaan di sini bukan kebebasan tanpa batas, melainkan kebebasan yang dibingkai oleh kesadaran moral dan rasa hormat kepada hak orang lain. Seorang manusia merdeka memahami bahwa haknya dibatasi oleh hak orang lain, sehingga kebebasannya tidak boleh merugikan sesama.

3. Ciri-Ciri Manusia Merdeka

Ki Hadjar Dewantara menggambarkan manusia merdeka dengan beberapa ciri utama:

  1. Mandiri
    Mampu mengatur hidupnya sendiri tanpa bergantung pada bantuan atau campur tangan berlebihan dari orang lain.

  2. Bertanggung Jawab
    Memahami konsekuensi dari setiap keputusan, serta siap menanggung akibatnya dengan penuh kesadaran.

  3. Menghormati Hak Orang Lain
    Tidak memaksakan kehendak dan tidak mengambil hak yang menjadi milik orang lain.

  4. Berbudi Pekerti Luhur
    Menjalankan kebebasan dengan dasar etika, moral, dan kebaikan demi kemaslahatan bersama.

4. Tujuan Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan, menurut Ki Hadjar, harus “menuntun tumbuhnya kekuatan kodrat anak” agar mereka menjadi manusia merdeka. Artinya, guru dan pendidik tidak memaksakan kehendak, melainkan membantu anak menemukan dan mengembangkan potensinya.

Beliau menegaskan:

"Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya."

Dari kutipan ini, jelas bahwa tujuan akhir pendidikan adalah melahirkan manusia yang merdeka, mandiri, dan berkepribadian kuat.

5. Penutup

Konsep manusia merdeka dari Ki Hadjar Dewantara relevan sepanjang masa. Di tengah perkembangan teknologi dan arus globalisasi, manusia yang merdeka akan mampu memilih dan bertindak dengan bijaksana tanpa kehilangan jati diri. Pendidikan yang sejati adalah pendidikan yang membebaskan, memerdekakan, dan memanusiakan.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.