Skip to main content

Pengajaran Topik A.2 Volume dan Mari Refleksikan Halaman 39 - IPAS Kelas 4 SD

 

IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka tahun 2022

Pengajaran Topik A.2 Volume dan Mari Refleksikan Halaman 39 - IPAS Kelas 4 SD

Pelajaran sebelumnya kita telah belajar bersama tentang materi dan juga massa dan berat benda. Kali ini kita lanjutkan pelajaran kita tentang volume.

Silakan kalian buka buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka tahun 2022 pada halaman 38.

Apa itu Volume?

Kita telah sama-sama memahami bahwa ciri-ciri dari materi adalah memiliki massa dan menempati ruang. Apa yang dimaksud dengan menempati ruang?

Yang dimaksud dengan menempati ruang adalah setiap materi tentunya memiliki ukuran tertentu. Mari kita ambil contoh paling mudah, yaitu air yang kita masukkan ke dalam sebuah teko atau botol. Air akan memenuhi ruang dalam teko atau botol tersebut.

Contoh lain adalah udara yang kita tiupkan ke dalam sebuah balon. Udara akan memenuhi balon tersebut, sehingga balon yang pada mulanya kempes akan menjadi menggelembung.

Dari situ bisa kita ketahui bahwa materi menempati ruang dan juga memiliki volume tertentu.

Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat.

Hampir sama dengan massa, bedanya adalah:

* massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, misalnya batu, gula pasir, kacang, makanan ringan, dan lain-lain.

* sedangkan volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti minuman, air, minyak, dan lain-lain.

Mari Refleksikan

Bukalah buku kalian pada halaman 39. Mari kita melakukan refleksi bersama dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini!

volume IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Jawab:

1. Menurut kalian, apa itu volume? Volume adalah ukuran suat benda yang berwujud cairan atau gas.

2. Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, apa perbedaan antara volume dengan massa? Perbedaan antara volume dengan massa terletak pada, Volume adalah ukuran suatu benda yang berwujud cairan atau gas, sedangkan massa adalah ukuran suatu benda yang berwujud padat.

3. Bagaimana cara menentukan volume suatu benda? Cara menentukan volume suatu benda adalah dengan mengukurnya menggunakan gelas ukur atau pipet ukur.

[]

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...