{getFeatured} $label={recent} $type={featured1}
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenag, Juknis panduan pelaksanaan Matsama

Assalamu'alaikum Wr Wb 

Masa Ta'aruf Siswa (MTS) adalah periode pengenalan dan integrasi bagi siswa baru dalam lingkungan madrasah atau sekolah Islam. MTS biasanya dilakukan pada awal tahun ajaran sebagai bagian dari proses penerimaan siswa baru. Tujuan dari MTS adalah untuk memperkenalkan siswa baru kepada aturan, norma, dan nilai-nilai madrasah, serta memfasilitasi interaksi antara siswa baru dan siswa yang sudah ada.

Selama MTS, siswa baru akan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan mereka kepada lingkungan sekolah, staf pengajar, dan teman sekelas mereka. Kegiatan-kegiatan ini dapat mencakup orientasi sekolah, sesi pengenalan guru dan staf, tur sekolah, kegiatan pembentukan tim, dan berbagai aktivitas sosial.


Masa Ta'aruf Siswa bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan belajar mereka, merasa diterima, dan membangun hubungan yang positif dengan teman sekelas dan staf sekolah. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi siswa baru untuk memahami nilai-nilai dan budaya madrasah serta mengetahui harapan dan tuntutan yang ada.


Masa Ta'aruf Siswa merupakan periode penting dalam transisi siswa baru ke lingkungan sekolah mereka. Dalam banyak kasus, kegiatan MTS diikuti dengan pembekalan akademik dan pengajaran tentang kurikulum yang akan mereka ikuti.Juknis panduan pelaksanaan Matsama, Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, Tahun Pelajaran 2023/2024 telah diterbitkan. Petunjuk Teknis terkait pelaksanaan Matsama yang dilakukan oleh Raudhatul Athfal (RA), Madrasah lbtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Tahun Pelajaran 2023/2024.

Pedoman pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) ini disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, melalui suratnya tertanggal 6 Juli 2023, dengan nomor B-2875/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/07/2023.

Sebagaimana tertuang dalam kalender pendidikan madrasah 2023/2024, awal tahun pelajaran ini akan dimulai pada 17 Juli 23. Matsama, menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian kegiatan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru yang digelar di wal tahun pelajaran. Baik oleh RA, MI, MTs, maupun MA dan MAK.


Pengertian dan Tujuan Matsama


Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau MATSAMA, sebagaimana dikutip dari Pedoman Matsama 2023/2024, adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah.


Melalui MATSAMA, para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan dan keunggulan madrasah. 


Sehingga siswa baru mengenali keadaan diri dan sosialnya dan memiliki kesiapan mental sehingga mudah menyesuaikan diri dalam mengikuti proses pembelajaran selanjutnya. Pun akan menumbuhkan kebanggaan terhapap madrasah, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almamater.


Selain itu dengan Matsama juga dapat mengenalkan nila-nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying, anti pelecehan seksual, dan menghargai harkat-martabat kemanusiaan. Di samping mengenalkan pola kebiasaan hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta mental mandiri berprestasi.


Sesuai dalam pedoman, MATSAMA dilaksanakan dalam jangka waktu tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.


Materi dan Kegiatan Matsama 2023/2024

Dengan beragam tujuan Matsama tersebut di atas, Matsama diselenggarakan dengan materi yang melingkupi kemadrasahan, moderasi beragama, nilai-nilai madrasah, dan budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah.


Materi terkait dengan kemadrasahan  berupa pengenalan lingkungan dan budaya madrasah yang meliputi:

  • Profil singkat madrasah (visi-misi dan keunggulan)
  • Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran
  • Tata tertib, nilai dan norma yang berlaku
  • Sistem pembelajaran dan cara menyiapkan diri belajar secara efektif
  • Perkenalan guru dan tenaga kependidikan
  • Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan


Materi moderasi beragama dalam Matsama merupakan cara mengamalkan ajaran agama dalam konteks kehidupan bersama, berbangsa dan bernegara yang harmoni dengan tetap menjaga:

  • Komitmen kebangsaan (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945)
  • Toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai kepada pihak yang berbeda
  • Anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan
  • Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal


Materi nilai-nilai madrasah, dalam Matsama meliputi:

  • Orientasi ibadah dalam proses belajar mengajar
  • Tata krama/berakhlak dalam pergaulan dan ber-media sosial
  • Pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, korban narkoba dan kebiasaan merokok
  • Pengenalan bagaimana pencegahan dan penanganan terhadap tindakan kekerasan fisik, psikis (bullying), penelantaran, pelecehan seksual, narkoba dan merokok


Materi terkait budaya dan kebiasaan kehidupan di madrasah, meliputi:

  • Pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah
  • Pembentukan sikap disiplin dan tanggung jawab,
  • Pengembangan mental mandiri dan berprestasi


Dari materi Matsama tersebut, madrasah dapat menyusun secara mandiri silabus dan teknis detail pelaksanaanya, dengan disesuaikan pada kondisi madrasah.


Download Pedoman Matsama 2023/2024


Untuk lebih lengkap terkait dengan penyelenggaraan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, sila baca dan unduh Pedoman Matsama Tahun Pelajaran 2023/2024.


Pedoman Matsama Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat diunduh dengan mengeklik tombol download di bawah ini.

Dengan disusun dan diterbitkannya Juknis Pedoman Pelaksanaan Matsama Tahun 2023/2024 ini hendaknya dapat diajadikan acuan dalam penyelenggaraan masa ta’aruf siswa madrasah tahun pelajaran 2023-2024.


Waalaikumsalam Wr Wb 

Post a Comment for "Kemenag, Juknis panduan pelaksanaan Matsama"