Skip to main content

Persiapan Akreditasi,Contoh Surat Ajuan Formal Akreditasi Madrasah Tahun 2024

Format Surat Pengajuan Permohonan Akreditasi Terbaru Tahun 2024/2025 untuk sekolah Jenjang MI, MTs dan MA.


pada kesempatan kali ini admin akan membahas perihal akreditasi sekolah yang merupakan salah satu kegiatan yang harus di lakukan oleh sekolah baik dalam hal pertama kali mengajukan akreditasi bagi sekolah baru yang belum terakreditasi maupun bagi sekolah yang sudah pernah melakukan akreditasi namun ingin melakukan perpanjangan atau perubahan nilai akreditasi.

Bagi sekolah yang akan di akreditasi memang ada banyak hal dalam bentuk dokumen yang harus di persiapkan sehingga saat akan di lakukan visitasi maka sekolah sudah memiliki persiapan yang baik dan tentunya sesuai dengan apa yang ada di sekolah masing-masing. Nilai/prestasi akreditasi sekolah dapat di peroleh sesuai dengan kelengkapan sekolah dalam menyiapkan semua kebutuhan yang telah di tentukan sesuai bahan akreditasi sekolah.

Bagi sekolah yang ingin melakukan pengajuan akreditasi baru maka hal pertama yang harus di lakukan ialah membuka aplikasi sispena dan mengajukan permohonan akreditasi. ada beberapa dokumen awal yang harus dipersipkan oleh sekolah yang ingin melakukan pengajuan akreditasi diantaranya adalah:

1.       Surat ajuan formal akreditasi

2.       Surat izin operasional sekolah

3.       Sertifikat akreditasi sekolah pada tahun sebelumnya

Untuk sekolah yang ingin melakukan pengajuan akreditasi maka harus dapat menyiapkan semua kelengkapan itu agar nantinya pengajuan akreditasi dapat di terima dan selanjutnya dapat melanjutkan tahapan akreditasi sesuai prosedur yang telah di tetapkan oleh Ban S-M sebagai penyelenggara akreditasi sekolah.

Apabila sekolah anda akan melakukan pengajuan akreditasi namun terkendala dalam hal belum memiliki format surat pengajuan formal akreditasi sekolah, maka janganlah bingung dan risau sebab melalui postingan ini maka admin akan membahas sekaligus akan membagikan contoh format surat ajuan formal akrditasi sekolah versi terbaru yang tentunya dapat di gunakan sebagai referensi dalam membuat surat pengajuan akreditasi sekolah di tahun ini.

Surat pengajuan akreditasi sekolah tentunya menjadi salah satu dokumen yang sangat penting untuk di persiapkan oleh sekolah ketika akan melakukan pengajuan akreditasi. apabila sekolah yang ingin melakukan pengajuan akreditasi namun tidak mengupload surat ajuan formal akrditasi sekolah maka dapat dipastikan sekolah tersebut tidak akan di visitasi sehingga sekolah tidak akan di akreditasi meskipun seluruh persiapan dokumen akreditasi yang lainnya telah di siapkan olej sekolah. Jadi langkah pertama yang sangat penting untuk di lakukan sekolah sebelum melakukan akreditasi ialah mengupload surat ajuan akreditai agar nantinya dapat di visitasi dan bisa memperoleh hasil akeditasi.

Disini admin akan membagikan format surat ajuan formal akreditasi bagi sekolah yang baru akan melakukan pengajuan akreditasi. format surat pengajuan akreditasi untuk sekolah ini dapat di gunakan oleh sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA maupun oleh sekolah jenjang SMK.

Adapun file surat pengajuan akreditasi sekolah yang akan admin bagikan ini sudah di siapkan dalam bentuk word/doc sehingga akan dapat di gunakan dengan mudah bagi siapapun yang membutuhkannya. Selain itu pengguna pun dapat melakukan pengeditan sesuai kebutuhan masing-masing dan bisa menyesuaikannya dengan identitas sekolah yang akan melakukan pengajuan akreditasi.

Dalam pembuatan surat ajuan formal akreditasi sekolah ada beberapa point/identitas yang harus di persiapkan agar surat ajuan akreditasi dapat di buat dengan mudah. Berikut ini identitas kepala sekolah dan identitas sekolah yang harus di persiapkan sebagai bahan inputan pada surat ajuan formal akreditasi.

Identitas Kepala Sekolah yang harus di persiapkan :

  • Nama kepala sekolah
  • NIP kepala sekolah
  • Pangkat/golongan kepala sekolah
  • Unit kerja

Identitas Sekolah yang harus di persiapkan :

  • Nama sekolah
  • Status sekolah
  • NPSN
  • NSS
  • Alamat sekolah
  • Nomor telepon sekolah

Biasanya untuk melakukan pembuatan dan upload surat permohonan akreditasi sekolah maka kepala sekolah akan menugaskan operator sekolah ataupun guru/staff yang ada di sekolah sesuai hasil kesepakatan di sekolah masiing-masing. Apabila surat ajuan permohonan akreditasi telah disiapkan maka tentunya akan memudahkan sekolah dalam melakukan persiapan akreditasi sesuai dokumen yang harus di persiapkan sebagai bahan penilaian saat akrediasi nantinya.

Baiklah bagi anda yang di sekolahnya belum memiliki format surat ajuan premohonan akreditasi sekolah maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya sebab disini admin akan membagikan contoh format surat ajuan formal akreditasi sekolah yang telah di siapkan dalam format word.

Berikut ini file Surat Ajuan Permohonan Akreditasi untuk Sekolah Versi Terbaru, Silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :

  • SURAT AJUAN FORMAL AKREDITASI MADRASAH (DISINI)

Demikianlah contoh format surat permohonan ajuan akreditasi untuk sekolah yang mana file yang di bagikan diatas sudah dapat di gunakan langsung oleh sekolah dengan catatan mengganti data-datanya sesuai keadaan di sekolah masing-masing atau juga dapat di gunakan sebagai referensi bagi sekolah yang ingin membuat surat ajuan permohonan akreditasi sesuai kreatifitas dan kebutuhan masing-masing sekolah, Sekian dan semoga Bermanfaat.

Berikut ini Sasaran Akreditasi lembaga di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...