Skip to main content

Guru sebagai Agen Perubahan dalam Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0

Guru sebagai Agen Perubahan dalam Transformasi Pendidikan di Era Society 5.0

Update14042025

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat telah membawa dunia memasuki era baru yang dikenal dengan Society 5.0, yaitu konsep masyarakat yang mengintegrasikan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Big Data ke dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Konsep ini mengusung visi human-centered society, di mana teknologi hadir untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, termasuk dalam bidang pendidikan yang ada di indonesia.

Dalam konteks pendidikan, transformasi tidak dapat dihindari. Model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru kini bergeser menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, kolaboratif, berbasis teknologi, dan menekankan pada problem-solving skills, kreativitas, dan literasi digital. Transformasi ini tentu memerlukan perubahan sistemik yang tidak hanya mencakup kurikulum dan metode pembelajaran, tetapi juga perubahan dalam peran dan kompetensi guru.

Guru, sebagai ujung tombak pendidikan, memegang peran penting sebagai agen perubahan (agent of change) dalam menghadapi tantangan dan peluang era Society 5.0. Guru dituntut untuk tidak hanya mentransfer ilmu, tetapi juga menjadi fasilitator pembelajaran, motivator, inovator, bahkan pembelajar sepanjang hayat. Kemampuan guru dalam beradaptasi dengan perubahan serta mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi faktor kunci keberhasilan transformasi pendidikan.

Namun, di balik tuntutan tersebut, masih terdapat berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru, seperti keterbatasan pelatihan teknologi, kurangnya infrastruktur digital di beberapa daerah, hingga resistensi terhadap perubahan paradigma pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji bagaimana peran guru sebagai agen perubahan dalam era transformasi pendidikan ini, serta strategi apa saja yang dapat dilakukan untuk memperkuat kapasitas mereka dalam menghadapi era Society 5.0.

Pengertian agen perubahan

Dalam konteks ini ada 2 kata yaitu Agen dan Perubahan.
Agen adalah seseorang yang memiliki fungsi dari sebuah organisasi atau perusahaan sebagai tempat informasi mapun titik lokasi distribusi dari sebuah wilayah, dalam arti yang lain Agen adalah Pelaku Usaha Distribusi yang bertindak sebagai perantara untuk dan atas nama pihak yang menunjuknya berdasarkan perjanjian dengan imbalan Komisi untuk melakukan kegiatan pemasaran Barang tanpa memiliki dan/atau menguasai Barang yang dipasarkan [1]

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...