Skip to main content

Nasional Kumpulkan Praktisi dan Akademisi, Kemenag Bahas Tata Kelola Pendidikan Al-Qur’an Kumpulkan Praktisi dan Akademisi, Kemenag Bahas Tata Kelola Pendidikan Al-Qur’an

www.operatormadrasahhebat.my.id Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD POntren) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola kelembagaan pada pendidikan Al-Quran. Hal ini dibahas bersama dengan Praktisi Pendidikan Al-Qur’an dan Akademisi dari berbagai kampus.

Hadir, para pemerhati pendidikan Al-Qur’an dari Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur;an (PTIQ), Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Universitas Ilmu Al-Qur’an (UNSIQ), dan Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Universitas Islam Negeri (IAT UIN).  Giat yang berlangsung tiga hari, 25 – 27 Mei ini diikuti juga para penanggung jawab pendidikan Al-Qur’an di Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia.

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan bahwa kelembagaan pendidikan Al-Qur’an harus yang dikelola secara modern, mengikuti perkembangan zaman. “Selama ini sebagai lembaga non formal, Pendidikan Al-Qur’an masih dikelola secara tradisional, mengalir mengikuti arus dan kebutuhan di masyarakat,” ujarnya saat membuka kegiatan Tata Kelola Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, di Tangerang, Rabu (25/5/2022). 

“Perlu ada terobosan dan pembinaan tata kelola yang modern dan profesional agar Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dapat bersaing dengan lembaga non formal lainnya yang sudah terlebih dahulu hadir di masyarakat,” tambah lulusan Program Studi Tafsir Hadits UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurut Waryono, untuk menuju tata kelola kelembagaan modern, ada dua hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, sumber daya manusia. Karena yang dikelola adalah lembaga yang mengajarkan sesuatu yang suci, yakni Al-Qur’an, maka unsur akhlak dan perilaku harus diperhatikan. 

Kedua, trans human, orang yang tidak biasa. Yakni orang yang memiliki tradisi literasi untuk memperluas wawasan, menyukai hal-hal yang baru dan menantang sehingga melahirkan kreasi inovasi yang mampu meningkatkan daya saing kelembagaan. Pembenahan manajerial, administrasi dan kemampuan komunikasi dapat memberikan peran penting bagi kemajuan Lembaga Penidikan Al-Qur’an. 

Waryono lebih lanjut menjelaskan, penguatan tata kelola kelembagaan diharapkan dapat menjadikan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an sebagai center of excellent. Yaitu, lembaga yang dapat dibanggakan dan membanggakan untuk masyarakat yang terlibat di dalamnya dan para alumninya. “Bukan lagi sebagai lembaga yang hanya sekedar ada, namun mampu membri warna bagi pendidikan Islam di Indonesia,” tuturnya.

Senada dengan Direktur, Kasubdit Pendidikan Al-Qur’an, Mahrus menegaskan pentingnya penguatan tata kelola pendidikan, salah satunya melalui penguatan regulasi. “Ditjen Pendidikan Islam mengeluarkan regulasi tentang Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an malalui aplikasi baru SIPDAR-PQ," ujarnya.

Mahrus juga menggarisbawahi pentingnya membangun jejaring dengan berbagai pihak, baik pemerintah daerah maupun swasta. Ke depan, Kemenag juga akan terus menguatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di daerah, sekaligus sebagai bentuk konkrit dari pengabdian civitas akademika kepada masyarakat. 

“Sinergi juga dijajaki dengan Pemerintah Daerah, misalnya Pemda Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Tengah, yang ikut hadir dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Kedua perwakilan Pemda ini mengapresiasi kegiatan kolaboratif yang diinisiasi Direktorat PD Pontren. Mereka berharap agenda tersebut dapat berlanjut dan lebih ditingkatkan demi memajukan pendidikan anak bangsa. (ME-YSR)

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...